Senin, 23 November 2015

Transformasi Indosat Ooredoo menuju Indonesia Digital

Kantor Pusat PT Indosat Ooredoo (20/11)

          PT Indosat Tbk yang dulunya merupakan perusahaan milik pemerintah (BUMN), telah resmi berubah brand menjadi PT Indosat Ooredoo. Hal tersebut dikarenakan kepemilikan saham saat ini di kuasai oleh salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka dari Qatar. Lahirnya brand baru tersebut membuat perusahaan ini berkomitmen dapat menghadirkan akses luas ke dunia digital di seluruh Indonesia dengan menjadikan digital sebagai Device, Network, dan Application (DNA) perusahaan.
Sebelum mengenal lebih jauh mengenai brand baru tersebut, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai perkembangan perusahaan ini dari tahun ketahun, seperti pada tabel dibawah ini:

Tahun
Keterangan
1967
Indosat didirikan sebagai perusahaan penanaman modal asing pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telekomunikasi internasional melalui satelit internasional.
1980
Indosat berkembang menjadi perusahaan telekomunikasi internasional pertama yang dibeli dan dimiliki 100% oleh Pemerintah Indonesia
1994
Menjadi perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan New York Stock Exchange. Pemerintah Indonesia dan publik masing-masing memiliki 65% saham dan 35% saham.
2001
Mengambil alih saham mayoritas Satelindo, operator selular dan SLI di Indonesia. Mendirikan PT Indosat Multimedia Mobile (IM3) sebagai pelopor jaringan GPRS dan layanan multimedia di Indonesia.
2002
Mengambil alih saham mayoritas Satelindo, operator selular dan SLI di Indonesia. Mendirikan PT Indosat Multimedia Mobile (IM3) sebagai pelopor jaringan GPRS dan layanan multimedia di Indonesia.
2003
Bergabung dengan ketiga anak perusahaan yaitu, Satelindo, IM3, dan Bimagraha, untuk menjadi operator selular terkemuka di Indonesia.
2006
Meraih lisensi jaringan 3G dan memperkenalkan layanan 3,5G di Jakarta dan Surabaya.
2008
Meraih lisensi jaringan 3G dan memperkenalkan layanan 3,5G di Jakarta dan Surabaya.
2009
Qtel membeli saham seri B sebanyak 24,19% dari publik sehingga menjadi pemegang saham mayoritas Indosat dengan kepemilikan sebesar 65%. Selanjutnya Indosat dimiliki oleh Qatar Telecom (Qtel) Q.S.C. (Qtel) atas nama Ooredoo Asia Pte. Ltd. (dahulu Qtel Asia Pte. Ltd. (65%), pemerintah Indonesia (14,29%) dan publik (20,71%). Indosat memperoleh lisensi tambahan frekuensi 3G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan anak perusahaan, IM2, memenangkan tender untuk lisensi WiMAX yang diadakan pemerintah.
2010
Memulai transformasi menyeluruh untuk menjadi perusahaan yang lebih fokus dan efisien melalui restrukturisasi organisasi, modernisasi dan ekpsi jaringan selular, dan inisiatif-inisiatif mencapai keunggulan operasional.
2012
Momentum untuk maju sebagai organisasi berfokus pada pelanggan yang mencapai 58,5 juta pelanggan didukung oleh peningkatan jaringan serta innovasi produk yang berkelanjutan.
2013
Komersialisasi jaringan 3G Indosat di frekuensi 900MHz
2014
Peluncuran dan komersialisasi layanan 4G di 900 Mhz dengan kecepatan hingga 42 Mbps di beberapa kota besar di Indonesia
2015
Indosat resmi berganti nama menjadi Indosat Ooredoo


Berdasarkan kepemilikan saham, pada tahun 1980 Pemerintah Indonesia sepenuhnya menjadi 100% pemilik PT Indosat Ooredoo. Namun 14 tahun kemudian, Pemerintah Indonesia hanya memegang saham sebesar 65% dan sisanya untuk publik. Sementara pada tahun 2009, Qatar Telecom (atas nama Ooredoo Asia Pte. Ltd. menjadi pemilik saham paling dominan yaitu sebesar 65%, pemerintah Indonesia (14,29%) dan publik (20,71%).
Ooredoo Asia merupakan grup usaha di bawah naungan Qatar Telecom yang menguasai mayoritas saham PT Indosat. Selaku pemilik saham mayoritas, mereka ingin mengubah merek dagang operator seluler tersebut menjadi Indosat-Ooredoo di 2015 ini. Sebenarnya keinginan tersebut sudah dicanangkan pada Tahun 2014 dan sudah mendapat restu dari Mentri BUMN yakni Pak Dahlan Iskan, namun keinginan tersebut baru terealisasi di akhir tahun ini, tepatnya pada tanggal 19 November 2015 (H - 1 HUT Indosat Ke - 48).
Dalam peresmian brand baru tersebut, CEO Indosat Alexander Rusli dalam sambutannya mengatakan, "Hari ini adalah awal yang baru bagi perusahaan kami (Indosat)."
"Tiga tahun yang lalu kami telah memulai perjalanan baru perusahaan untuk menuju perusahaan telekomunikasi digital," ujar Alex di atas panggung, yang memakai kaus merah-kuning bertuliskan Indosat Ooredoo.
Dijelaskan Alex, bersama Ooredoo, Indosat akan memasang target yang lebih luas lagi untuk membuka akses dunia digital bagi semua masyarakat Indonesia.
"Kami siap memberikan kemampuan terbaik, pengalaman digital terbaik, dan tak lupa layanan pelanggan yg terbaik," ujar Alex.

Selain nama yang diganti, logo Indosat pun berganti menjadi Logo seperti gambar disamping. Menurut Alex, Logo Indosat Ooredoo merepresentasikan semangat baru, perusahaan yang muda, dinamis, dan menjadi brand kebanggaan Indonesia dengan eksposure internasional.

Menurutnya, identitas baru Indosat Ooredoo menggambarkan transformasi perusahaan yang menyeluruh dengan menjadikan digital sebagai "Device, Network, dan Application" (DNA) perusahaan.
Setelah berhasil menjadi pemimpin layanan data, Indosat Ooredoo targetkan menjadi pemimpin layanan digital bagi semua dan di masa yang akan datang, Indosat Ooredoo menargetkan menjadi nomor satu dalam pendapatan digital, nomor satu dalam pengalaman digital, dan brand digital pilihan pelanggan nomor satu di Indonesia.

Mengetahui lebih jauh tentang kegiatan managemen di PT Indosat Ooredoo?

1. Planning (Perusahaan), terdiri dari strategi PT Indosat Ooredoo untuk tercapainya tujuan menjadi penyedia layanan digital terbaik di Indonesia:

a.      Vision
Memperkaya kehidupan manusia Indonesia di dunia digital, membantu untuk mencapai mimpi dan aspirasi.

b.      Essence
Tumbuh Kembang Manusia.

c.       Positioning
Kami membangun perusahaan digital telco Indonesia terdepan, memberikan akses serta konektifitas yang lebih baik bagi setiap orang dan setiap bisnis.

d.      Streams
·         Produk dan layanan yang memberi kebebasan
·         Layanan yang mudah digunakan dan relevan guna memberikan kepercayaan diri kepada pelanggan agar terhubung dan mendapatkan keuntungan dari ekonomi digital.
·         Jaringan data yang unggul
·         Jaringan mobile dan fiber yang paling handal, memberikan pengalaman data terbaik dalam hal-hal yang berarti bagi pelanggan.
·         Kami memperlakukan pelanggan sebagai sahabat
·         Memahami sudut pandang pelanggan untuk mengantisipasi dengan lebih baik kebutuhan mereka di dunia digital yang selalu berubah.

e.       Values
Terpercaya
·         Menghayati dan mengamalkan agama dan kepercayaan sendiri, toleran terhadap kepercayaan lain dan menjunjung tinggi kebenaran
·         Terbuka dan berprasangka baik terhadap orang lain
·         Disiplin, bertanggung jawab, dan menepati janji

Tekad menjadi yang terbaik
·         Efisien dan Efektif
·         Inovatif dan terus mendorong diri untuk mendapatkan hasil terbaik

Berjiwa Muda
·         Kreatif, cekatan, dan tertantang untuk belajar hal baru

Peduli
·         Kreatif, cekatan, dan tertantang untuk belajar hal baru
·         Bekerja sama untuk mencapai tujuan perusahaan
·         Menjaga dan melestarikan lingkungan

Cepat
·         Proaktid dan responsif
·         Berusaha membuat segala hal mudah dan sederhana
·         Memberdayakan dan berani dengan cepat mengambil resiko yang diperhitungkan


2. Organizing (Pengorganisasian), mendiskripsikan mengenai struktur organisasi dari Tingkat Management Atas sampai Manajemen Bawah:

                  a.      Tingkat Manajemen Atas
Jajaran Dewan Komisaris:
Ø  Dr. Nasser Mohammed Marafih sebagai Komisaris Utama Indosat Ooredoo
Ø  Mr. Ahmed Yousef Ebrahim Al - Derbesti sebagai Komisaris Indosat Ooredoo
Ø  Mr. Khalid Ibrahim A. Al Mahmoud sebagai Komisaris Indosat Ooredoo
Ø  Chris Kanter sebagai Komisaris Indosat Ooredoo
Ø  Mr. Astera Primanto Bhakti sebagai Komisaris Indosat Ooredoo
Ø  Beny Roelyawan sebagai Komisaris
Ø  Cynthia Alison Gordon sebagai Komisaris
Ø  Richard Farnsworth Seney sebagai Komisaris
Ø  Mr. Wijayanto Samirin sebagai Komisaris Independen Indosat Ooredoo
Ø  Mr. Elisa Lumbantoruan sebagai Komisaris Independen

Jajaran Direksi dan Chief
Ø  Alexander Rusli sebagai Direktur Utama & Chief Executive Officer
Ø  Caba Pinter Chief sebagai Financial Officer
Ø  Joy Wahjudi sebagai Direktur & Chief Sales and Distribution Officer
Ø  John Martin sebagai Thompson Direktur & Chief Technology Officer
Ø  Herfini Haryono sebagai Chief Information Officer
Ø  Indar Atmanto sebagai Chief Corporate Services Officer
Ø  Prashant Gokarn sebagai  Chief Strategy & Planning Officer
Ø  Ripy Mangkoesoebroto sebagai Chief Human Resources Officer
Ø  Thomas Chevanne sebagai Chief Strategy & Experience Officer
Ø  Dr. Andreas Gregori sebagai Chief Marketing Officer

b.      Tingkat Manajemen Lini
PT Indosat Ooredoo menyusun pembagian kerja kedalam beberapa group yang memiliki fungsi masing – masing untuk tercapainya tujuan dari perusahaan. Banyak nya pembagian grup yang ada di PT Indosat Ooredoo, penulis mencoba untuk mendeskripsikan secara garis besar tingkatan pada Manajemen Lini, sebagai mana terdapat pada bagan disamping ini. Dibawah Group Head terdapat Division Head dan Manager.
  
c.       Tingkat Manajemen Bawah
Tingkatan Manajemen Bawah hanya terdiri dari Staff yang merupakan karyawan resmi PT Indosat Ooredoo, namun tingkatannya berada dibawah manager langsung, sementara untuk karyawan outsourching merupakan karyawan yang berasal dari beberapa perusahaan penyedia resource yang ada di Indonesia.



Kesimpulan
Kepemilikan saham terbesar oleh Ooredoo Group sebesar 65%, menjadikan PT Indosat Tbk bertransformasi menjadi PT Indosat Ooredoo pada akhir tahun ini. Transformasi tersebut memberikan asa yang sangat besar bagi para stakeholder yang berada di perusahaan itu untuk terus melangkah jauh menuju terciptanya Indonesia Digital. Terutama hal tersebut dirasakan sendiri oleh Direktur dan CEO PT Indosat Ooredoo yakni Alexander Rusli yang meyakini bahwa PT Indosat Ooredoo dengan menerapkan Device, Network, Application (DNA) di perusahaan akan memberikan kemampuan terbaik, pengalaman digital terbaik, dan menjadi pemimpin layanan digital bagi semua dan di masa yang akan datang.


Sumber Referensi :

Indosat Ooredoo. ”Jajaran Dewan Komisaris”. [23 November 2015], http://indosatooredoo.com/id/about-indosat/corporate-profile/board-of-commissioners

Indosat Ooredoo. ”Sejarah”. [23 November 2015]. http://indosatooredoo.com/id/about-indosat/company-profile/history

Indosat Ooredoo. ”Strategi Perusahaan”. [23 November 2015]. http://indosatooredoo.com/id/about-indosat/corporate-profile/strategi-perusahaan

Reska, K. Nistanto. ” Resmi, Indosat Berubah Jadi Indosat Ooredoo”. [20 November 2015], http://tekno.kompas.com/read/2015/11/19/14363967/Resmi.Indosat.Berubah.Jadi.Indosat.Ooredoo

Putra, Idris Rusadi. ” Dikuasai Qatar, ini perjalanan panjang PT Indosat hingga ganti nama”. [23 November 2015]. http://www.merdeka.com/uang/dikuasai-qatar-ini-perjalanan-panjang-pt-indosat-hingga-ganti-nama.html

Jamaludin, Fauzan. ” Indosat rebranding jadi Indosat Ooredoo”. [23 November 2015]. http://www.merdeka.com/teknologi/indosat-rebranding-jadi-indosat-ooredoo.html

Putra, Idris Rusadi. ” PT Indosat resmi ganti nama jadi Indosat Ooredoo”. [20 November 2015].  http://www.merdeka.com/uang/pt-indosat-resmi-ganti-nama-jadi-indosat-ooredoo.html

Wijaya, Ahmad. "Indosat mengubah nama menjadi Indosat Ooredoo".  [24 November 2015]. http://www.antaranews.com/berita/530394/indosat-mengubah-nama-menjadi-indosat-ooredoo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar